Thursday, April 22, 2010

Pagaralam Kawasan Tourism Resort Nasional


Pagaralam Kawasan Tourism Resort Nasional
Ditulis oleh infokito™ di/pada 22 Februari 2010

Pagaralam Kawasan Tourism Resort Nasional
Cagar Budaya Terbesar Kedua di Indonesia

Kota Pagaralam resmi ditetapkan sebagai daerah cagar budaya terbesar kedua di Indonesia setelah Jawa Tengah. Kota Besemah itu menjadi daerah tujuan wisata atau Tourism Resort Nasional. Penetapan ini terkait banyaknya temuan benda-benda bersejarah sehingga menjadi perhatian Jakarta dan para ahli arkeologi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Jonson, mengatakan benda-benda cagar budaya tersebut harus terus dijaga, dirawat, dilindungi dan dilestarikan, dan tidak sebatas hanya bangga semata. “Pasalnya, masih banyak situs-situs yang belum tertata rapi sehingga sebagian situs terancam. Untuk itu, perlu dilakukan inventarisasi terhadap temuan benda bersejarah itu agar dapat dipetakan untuk menjadi daerah tujuan wisata Nasional,” kata Jonson, usai melakukan tanam pohon di kawasan Jakabaring, Minggu (21/2) seperti yang kami kutip dari harian Sripo.

“Benda cagar budaya yang ukurannya kecil, sangat mudah dibawa, nah agar tidak hilang, harus disimpan di Museum. Tetapi, sayangnya Kota Pagaralam belum memiliki Museum,” kata Jonson. Berdasarkan hasil kunjungan langsung Komisi X DPR RI ke Kota Pagaralam dan melihat temuan benda-benda cagar budaya, Komisi X DPR RI mendukung Pagaralam dijadikan sebagai daerah cagar budaya terbesar kedua Nasional sekaligus sebagai daerah tujuan wisata batu megalit. Untuk itu, Dinas Pariwisata Kota Pagaralam dijadikan lembaga utuh guna menjaga, melestarikan dan melindungi penemuan situs-situs yang ada.

“Untuk urusan batu megalit, urusan pusat. Tetapi, tidak mungkin orang pusat akan selalu memantau kondisi batu tersebut. Oleh karena itu, ditunjuk langsung Dinas Pariwisata Kota Pagaralam untuk mengawasi dan menginventarisir semua batu megalit yang ada agar lebih aman,” ungkapnya.


Lesung batu yang kemungkinan digunakan untuk menumbuk padi dan sebagainya [foto: EVAN HENDRA/SRIPO]

Ketika ditanya berapa banyak batu megalit yang ada Jonson mengungkapkan, untuk saat ini Pemprov Sumsel belum dapat memastikan berapa banyak batu megalit yang ada di Kota Pagaralam. Dinas Pariwisata Sumsel akan bekerjasama dengan Kota Pagaralam untuk melakukan inventarisir sehingga dapat dipetakan untuk menjadi daerah tujuan wisata megalit. (sin/SRIPO)


sumber :
http://infokito.wordpress.com/2010/02/22/pagaralam-kawasan-tourism-resort-nasional/#more-3470