Wednesday, April 21, 2010

Museum Dataran Tinggi Pasemah ?????


Minggu, 29/11/2009 12:35 WIB
Banyak Benda Bersejarah
Warga Akan Bangun Museum Dataran Tinggi Pasemah
Taufik Wijaya - detikNews

Palembang - Budayawan Erwan Suryanegara menyatakan perlunya membangun museum alam terbuka Dataran Tinggi Pasemah. Selain untuk menjaga peradaban nusantara ke depan, museum ini dianggapnya juga dapat membuktikan adanya peradaban tinggi di RI sekitar 2.000 tahun sebelum masehi.

“Museum alam terbuka Dataran Tinggi Pasemah ini akan memberikan dampak terhadap kepercayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang dilahirkan dari kebudayaan besar, kemudian sebagai sumber ilmu pengetahuan, serta sebagai objek wisata nasional atau bahkan international,” kata Erwan Suryanegara,
di rumahnya, Jalan Anggada, Kalidoni, Minggu (29/11/2009) pagi.

Museum alam terbuka Dataran Tinggi Pasemah ini mencakup provinsi Sumatra Selatan, Bengkulu, Jambi, dan Lampung yang memiliki artefak dari kebudayaan Dataran Tinggi Pasemah. "Dan sebagai sentra dari museum ini adalah kawasan Lahat dan Pagaralam. Sebab di daerah ini begitu banyak ditemukan artefak peninggalan dari kebudayaan Dataran Tinggi Pasemah,” kata Erwan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukannya selama dua tahun, artefak yang berada di Dataran Tinggi Pasemah merupakan karya budaya yang tinggi. “Artefak itu merupakan hasil sebuah kebudayaan yang berusia sekitar 2.000 tahun Sebelum Masehi. Bukankah itu suatu karya yang besar? Dan, artefak-artefak ini hanya terdapat di Dataran Tinggi Pasemah,” katanya.

Guna mewujudkan museum alam terbuka ini, Erwan memiliki tiga tahapan. Pertama, melakukan pembentukan tim dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan untuk meneliti dan merumuskan konsep dari museum. Lalu, melakukan pembenahan lokasi situs-situs artefak yang tersebar di Sumsel, Lampung, Jambi, dan Bengkulu.

Ketiga, membangun miniatur atau taman mini dari museum alam terbuka Dataran Tinggi Pasemah. Dan terakhir, membangun infrastruktur penunjang dari museum alam terbuka tersebut sebagaimana layaknya fasilitas penunjang pariwisata.
(tw/amd)

sumber http://us.detiknews.com/read/2009/11/29/123509/1250449/10/warga-akan-bangun-museum-dataran-tinggi-pasemah-